PENGARUH PENGAJARAN MELALUI KOMPUTER (E-LEARNING) DENGAN FORUM DAN MULTIMEDIA VIDEO TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR MAHASISWA DAN DAMPAK TERHADAP ORGANISASI (STUDI KASUS : STIEB PERDANA MANDIRI)

  • R. Apit Rahmat Selamet
Keywords: Pengajaran Melalui Komputer (PMK), E-Learning, Technology Acceptance Model (TAM), Variabel, Structure Equation Modeling (SEM)

Abstract

Adanya internet menyebabkan akses hampir tak terbatas ke barbagai penjuru dunia terhadap segala macam informasi yang tersedia, solusi yang ditawarkan berkaitan dengan pemanfaatan teknologi internet dalam bidang pendidikan adalah konsep Pengajaran Melalui Komputer atau E-Learning. Pengajaran Melalui Komputer (PMK) dikenal juga dengan nama CAI yaitu “Computer Assisted Instruction”. Pemanfaatan PMK / E-Learning di STIEB Perdana Mandiri masih jauh dari yang diharapkan, sehingga perlu sosialisasi tentang E-Learning kepada Dosen dan Mahasiswa yang terus menerus selain peningkatan bandwidth yang sudah ada. Agar PMK / E-Learning ini dapat bermanfaat maka perlu diketahui variabel-variabel yang mempengaruhinya. Untuk mengetahui variabel-variabel yang mempengaruhi. Penelitian ini menggunakan teori model TAM (Technology Acceptance model) menurut Davis dan Variabel lainnya, Jumlah populasi 1309, sampel yang diambil sebanyak 306, penggolahan data menggunakan SEM (Structureal Equation Modeling) dengan software SPSS 23 dan AMOS 22 Kuesioner yang diseber sebanyak 340, kuesioner yang diisi sebanyak 320.
Hasil pengolahan menunjukan bahwa dari hasil 8 (Kegunaan persepsian / Perceived Usefulness, Kemudahan penggunaan / Perceived Ease of Use, Niat keperilakuan / Behavioral Intention, Paksaan penggunaan / Pressure to use, Kualitas jasa / Service Quality, Kualitas sistem / System Quality, Ketersedian sumber daya / The Availability of resources needed, Kesenangan / Enjoyment) konstruk dan 8 hipotesis, 8 konstruk yang diolah terdapat hipotesis yang diterima yaitu 5 hipotesis dan 3 ditolak. Konstruk yang ditolak adalah 1. Tidak ada pengaruh Antara Kegunaan persepsian (Perceived Usefulness (PU)) terhadap Niat keprilakuan (Behavioral Intention (BI)), 2. Tidak ada pengaruh Antara Kemudahan penggunaan (Perceived Ease of Use (PU)) terhadap Kegunaan persepsian (Perceived Usefulness (PU)), 3. Tidak ada pengaruh Signifikan Antara kesenangan (Enjoyment (EY)) terhadap niat keprilakuan (Behavioral Intention (BI)). Kemudian diakhiri dengan proses trimming dan dihasilkan Model terkini.

Published
2021-01-27
Section
Naratif (Jurnal Nasional Riset, Aplikasi Dan Teknik Informatika)