PENGEMBANGAN SERTA IMPLEMENTASI PENERAPAN TEKNOLOGI INTERNET OF THING PADA BUDIDAYA TANAMAN HIDROPONIK SEBAGAI LANGKAH UKUR NILAI KELAYAKAN NUTRISI PADA TANAMAN

  • Deden Komaludin Sekolah Tinggi Teknologi Bandung
Keywords: Hidroponik, TDs, pH Meter, Nutrisi

Abstract

Hidroponik merupakan teknik bertanam modern, dibalik teknik modern ada sisi efektifitas bahkan dampak merugikan yang besar jika tidak diikuti oleh kontrol yang baik. Penulis mencoba mengembangkan penelitian sebelumnya atas nama peneliti dimana dalam pengembangan kali ini akan mengimplementasikan penambahan tiga modul yang terdiri dari sensor TDS , pH meter dan SIM800L sebagai notifikasi SMS. Pengembangan ini diharapkan dapat menghasilkan data penelitian berupa nilai nutrisi hidroponik yang baik dan layak konsumsi pada tanaman pakcoy dengan pengelolaan dan pengaturan nutrisi atas suhu dan pH meter.
Hasil ini dapat dibuktikan dengan hasil penelitian yang diharapkan , dimana dengan teknik pengaturan dan monitoring hidroponik dari hasil pengembangan , dihasilkan nilai nutrisi membutuhkan pergantian cairan nutrisi rentang 3 hingga 4 hari untuk menghasilkan tanaman layak konsumsi dan bernutrisi baik. Dikarenakan dengan pengontrolan yang baik selama 3-4 hari nilai nutrisi menunjukkan kestabilan kandungan nutrisi sesuai referensi.

Published
2021-06-28
Section
Naratif : Jurnal Ilmiah Nasional Riset, Aplikasi dan Teknik Informatika