AUGMENTED REALITY PEMBELAJARAN PRAKARYA INTERAKTIF UNTUK MATERI KETERAMPILAN DARI LIMBAH SAMPAH ANORGANIK (STUDI KASUS DI SMP MARHAS MARGAHAYU)

  • Siti Sifa Maesaroh Sekolah Tinggi Teknologi Bandung
  • Harya Gusdevi Sekolah Tinggi Teknologi Bandung
  • Muhammad Reksa Ariansyah Sekolah Tinggi Teknologi Bandung
Keywords: Aplikasi Pembelajaran, Augmented Reality, Sampah Anorganik

Abstract

Teknologi augmented reality merupakan aplikasi penggabungan dunia nyata dengan dunia maya dalam bentuk dua dimensi maupun tiga dimensi yang diproyeksikan dalam sebuah lingkungan nyata dalam waktu yang bersamaan. Saat ini augmented reality dapat dijadikan sebagai media pembelajaran sehingga pembelajaran lebih menarik, interaktif dan menyenangkan, seperti halnya aplikasi yang dibangun ini yaitu aplikasi pembelajaran prakarya interaktif menggunakan augmented reality khususnya untuk materi keterampilan dari limbah sampah anorganik. Kesulitan muncul ketika dalam penyampaian materi seperti penyampaian langkah-langkah pembuatan kerajinan tersebut masih menggunakan buku dan pengalaman guru. Maka diperlukan sebuah aplikasi pembelajaran interaktif yang memanfaatkan teknologi augmented reality.

Published
2021-07-05
Section
Naratif : Jurnal Ilmiah Nasional Riset, Aplikasi dan Teknik Informatika