ANALISIS EFEKTIVITAS PENGGUNAAN APLIKASI ZOOM SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN JARAK JAUH (STUDI KASUS: SMK TI BALI GLOBAL JIMBARAN)

  • Ni Wayan Ananda Ratih Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali
  • I Wayan Gede Narayana Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali
  • Komang Hari Santhi Dewi Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali
Keywords: Efektivitas, ZOOM, PJJ, UTAUT, SPSS

Abstract

Kemunculan media konferensi sebagai media pembelajaran jarak jauh (PJJ) semakin menjamur dan banyak digunakan sejak adanya pandemi COVID-19 dan media yang sedang populer digunakan saat ini adalah aplikasi ZOOM. Aplikasi ini memungkinkan penggunanya untuk berinteraksi secara daring (dalam jaringan). Tak hanya karyawan kantor dan instansi pemerintahan, aplikasi ini juga banyak digunakan di sekolah, salah satunya di SMK TI Bali Global Jimbaran. Penggunaan aplikasi ini pastinya memliki kekurangan dan juga kelebihan. Sehingga diputuskan untuk menganalisis keefektivitasan aplikasi ZOOM sebagai media pembelajaran. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah model UTAUT (the Unified Theory of Acceptance and Use of Technology), metode
ini digunakan dalam pembuatan kuesioner dan juga pengambilan hipotesa (dugaan sementara). Aplikasi yang digunakan untuk menghitung data responden dari kuesioner adalah aplikasi SPSS (Statistical Product and Service Solutions). Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Sampel Acak Sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Performance Expectancy, Effort Expectancy, Social Influence berpengaruh positif terhadap Behavioral Intentions dan Facilitating Conditions berpengaruh positif terhadap Use Behavior. Besar pengaruh pada data guru lebih besar dibandingkan besar pengaruh pada data siswa, maka ini menandakan bahwa guru lebih produktif dan nyaman menggunakan aplikasi ZOOM sebagai media pembelajaran jarak jauh (PJJ) dibandingkan siswa.

Published
2022-06-29
Section
Naratif : Jurnal Ilmiah Nasional Riset, Aplikasi dan Teknik Informatika