PENERAPAN AUGMENTED REALITY MARKERLESS PADA MEDIA PROMOSI PERUMAHAN (Studi Kasus CV.Khansa Kirani)

  • Tarsinah Sumarni Sekolah Tinggi Teknologi Bandung
  • Sri Erina Damayanti Sekolah Tinggi Teknologi Bandung
  • Fahmi Abdullah Sekolah Tinggi Teknologi Bandung
  • Rohimat Setiawan Sekolah Tinggi Teknologi Bandung
Keywords: Augmented Reality, Markerless, Extreme Programming, Brosur

Abstract

Jumlah pengguna Augmented Reality didunia setiap tahun mengalami pertumbuhan pada tahun 2021 jumlah pengguna mencapai 0.81 miliyar pengguna. Augmented Realty sendiri dapat memberikan pengalaman dan pemahan bagi penggunanya, pengguna android diindonesia pun mengalami pertumbuhan pada bulan juli 2020 sampai bulan juli 2021 pengguna mencapai 91.8%. Markerless merupakan salah satu perkembangan teknologi untuk menampilkan objek 3D tanpa menggunakan marker khusus. CV.Khansa Kirani sendiri merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang pengembangan perumahan dalam pengiklannya masih menggunakan media cetak brosur yang tergolong pengiklanan masih tradisional dan pembuatan brosur juga memerlukan biaya cukup besar. Tujuan penelitian ini untuk mempermudah calon pembeli rumah dalam melihat bentuk rumah yang ditawarkan secara 3D (Tiga Dimensi) serta memberikan informasi secara detail mengenai perumahan yang ditawarkan. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriftip, pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara dan studi literatur, untuk metode pengembangannya menggunakan salah satu metode agile yaitu Extreme Programming yang memiliki empat tahap dalam pengembangannya yaitu perencanaan atau planning, perancangan atau design, pengkodean atau coding dan pengujian atau testing. Hasilnya aplikasi sangat mempermudah dalam menampilkan rumah yang ditawarkan pada calon pembeli rumah secara 3D (Tiga Dimensi) dan memberikan informasi yang detail mengenai rumah yang ditawarkan serta aplikasi ini juga sangat mengurangi dari pengeluaran biaya pembuatan
brosur yang biasa dilakukan oleh CV.Khansa Kirani setiap bulannya sehingga biaya bisa diefisiensikan.

Published
2022-06-29
Section
Naratif : Jurnal Ilmiah Nasional Riset, Aplikasi dan Teknik Informatika