Sistem Informasi Monitoring Pengadaan & Penjualan Obat pada Apotek Pusat dan Cabang

  • Erna Hikmawati

Abstrak

Abstrak

 

Apotek merupakan suatu tempat yang sudah tidak asing lagi bagi kita. Banyak data yang harus diolah pada apotek, apalagi ada banyak sekali jenis dan merk obat yang ada pada sebuah apotek. Tidak sedikit apotek yang memiliki beberapa cabang sehingga pengelolaan data obat harus terintegrasi. Salah satu pengolahan data yang penting menggunakan sistem informasi adalah pengadaan obat antara apotek pusat dengan apotek cabang. Proses pengadaan obat pada apoek cabang yang terdiri dari tahapan-tahapan yang panjang akan lebih efisien jika dilakukan menggunakan Sistem Informasi.

Sistem Informasi yang dibangun akan menggunakan PHP (Hypertext Preprocessor) dengan tools pembangunan yaitu Sublime. Hal ini bertujuan agar apotek cabang dan apotek pusat dapat beromunikasi langsung dalam satu system yang bersifat web based dan terhubung jarinagn. Database yang digunakan adalah MySQL, Software penghubung antara sistem informasi dan database adalah webserver Xampp 3.2.1. Perancangan proses dilakukan dengan model proses Prototype.

Dalam sistem informasi ini yang menjadi data inputan adalah data penjualan, data pengadaan dan data pembelian yang selanjutnya diproses menghasilkan laporan. Dengan dibangunnya sistem informasi ini dapat mempermudah waktu melakukan pengadaan dan penjualan obat di apotek pusat dan apotek cabang.

 

Kata Kunci : Sistem Informasi, Pengadaan Obat, Penjualan Obat, PHP

Diterbitkan
2019-06-03
Bagian
Naratif (Jurnal Nasional Riset, Aplikasi Dan Teknik Informatika)