CORPORATE IDENTITY SEBAGAI MEDIA PROMOSI PADA D’STAR FAST FERRY

  • Ketut Gus Oka Ciptahadi Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali
  • Ni Putu Meina Ayuningsih Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali
  • Putu Dwi Yoga Irmansyah Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali
Keywords: Corporate Identity, Website, Brandbook, Video

Abstract

Corporate Identity adalah citra dan image pertama dilihat oleh masyarakat. Konsumen menilai citra, profesionalisme dan tingkat kepercayaan terhadap perusahaan dari corporate identity. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara langsung dengan pengurus D’star Fast Ferry, marketing manager  yang menangani tentang promosi dikatakan bahwa media yang digunakan masih hanya sebatas promosi melalui Instagram saja dengan username dstars fast ferry, pihak marketing belum berupaya untuk membuat promosi melalui media yang lainnya, Oleh sebab itu, penulis berusaha membantu untuk  membuat dan merancang Corporate Identity sebagai media promosi D’star Fast Ferry dengan  tujuan untuk memperkenalkan D’Star Fast Ferry kepada masyarakat dan wisatawan. Metode yang digunakan dalam pembuatan corporate identity ini adalah Multimedia Development Life Cycle (MDLC). Metode ini terdiri dari enam tahapan yaitu Concept (Konsep), Design (Perancangan), Material Collecting (Bahan Pengumpulan), Assembly (Pembuatan), Testing (Pengujian), Distrinution (Pendistribusian). Produk yang dihasilkan berupa brand book, video company profile, website dan virtual tour 360°. Hasil aplikasi ini berjalan dengan fungsi yang diharapkan, secara umum aplikasi ini dikategorikan sangat baik dengan persentase nilai sebesar 96% dalam pengujian sistem menggunakan kuisioner. serta dalam pengujian menggunakan metode blackbox testing dapat disimpulkan bahwa menu, fitur dan tombol-tombol pada website D'star Fast Ferry sudah sesuai dengan yang diharapkan, sehingga bisa dinyatakan corporate identity D’Star Fast Ferry layak untuk digunakan dan  dioperasikan.

Published
2023-12-19
Section
Naratif : Jurnal Nasional Riset, Aplikasi dan Teknik Informatika