MEDIA PENGENALAN AKSARA SUNDA MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID (STUDI KASUS SMKN 1 RANCABALI)

  • Taufan Ramadhan
  • Harya Gusdevi
  • Arief Hertadi Rustam
Keywords: Aksara Sunda, Augmented Reality, Multimedia Development Life Cycle

Abstract

Aksara sunda merupakan salah satu peninggalan sejarah asli masyarakat sunda, seiring berjalannya waktu budaya masyarakat sunda tidak dapat mempertahankan eksistensinya dengan banyaknya terpaan budaya asing budaya tradisional dianggap suatu yang kuno, rumit. Proses pembelajaran huruf Aksara Sunda di SMKN 1 Rancabali telah di ajarkan di kelas X. Berdasarkan kurikulum 2013, namun siswa mengalami kesulitan menghafal dan mempelajari Aksara Sunda dibandingkan dengan aksara Arab, meski tidak diajarkan di sekolah formal, Agar dapat menguasai aksara Sunda, siswa perlu latihan lebih lanjut dan bisa dilakukan sendiri. Inovasi dengan memanfaatkan Teknologi Infomasi ke dalam dunia pendidikan perlu dilakukan demi mempermudah tingkat pemahaman seseorang dalam menyerap sebuah pelajaran. Oleh karena itu, penulis mengajukan penelitian dengan judul “Media Pengenalan Aksara Sunda Menggunakan Augmented Reality Berbasis Android“. Diharapkan media pengenalan aksara sunda ini mampu mempermudah siswa dalam memahami aksara sunda dengan dilengkapi sebuah objek animasi 3D melalui sebuah aplikasi augmented reality (AR) berbasis android agar lebih mudah di pahami dan di ingat, penelitian yng dipakai peneliti dalam mengembangkan perangkat lunak ialah menggunakan Multimedia Development Life Cycle (MDLC). Dan menggunakan Technology Acceptance Model (TAM) pada pengujian beta. Berdasarkan hasil implementasi dan pengujian yang dilakukan, Aplikasi ini mudah di mengerti oleh siswa dan guru dengan persentase 88,55%, manfaat yang dirasakan dengan persentase 83,68% dan niat dalam menggunakan aplikasi ini sebesar 86,24%.

Published
2021-01-14
Section
Naratif (Jurnal Nasional Riset, Aplikasi Dan Teknik Informatika)