Sistem Informasi Akademik Taman Kanak-Kanak dengan Model Layanan Software as a Services

Sistem Informasi Akademik Taman Kanak-Kanak dengan Model Layanan Software as a Services

  • Rifky Lana Rahardian STIKOM Bali

Abstract

Bagi dunia pendidikan, kegiatan akademik sangat penting untuk mendukung proses pembelajaran terutama untuk pendidikan tingkat Taman Kanak-Kanak (TK). Beberapa masalah yang muncul dalam pengelolaan kegiatan akademik seperti proses pendaftaran calon siswa, proses absensi serta penilaian siswa sehingga dapat menghambat proses akademik yang tidak dapat berjalan secara efektif dan efisien. Untuk membantu proses akademik di dunia pendidikan terutama pendidikan tingkat Taman Kanak-Kanak (TK) maka dibutuhkan sebuah sistem yang dapat membantu proses akademik secara efektif dan efisien. Dalam layanan Cloud Computing yaitu layanan Software as a service (SaaS) adalah jasa yang paling banyak digunakan. Bagi dunia pendidikan dapat menghemat pengeluaran biaya belanja TI. Tujuan penelitian ini untuk membangun sebuah sistem yang dapat membantu proses akademik untuk pendidikan tingkat Taman Kanak-Kanak (TK) dengan memanfaatkan tekonologi Cloud Computing yang berbasis layanan Software as a Services (SaaS). Untuk menunjang tercapainya tujuan dari pendidikan Taman Kanak-Kanak, selain memberikan pendidikan yang baik, TK juga harus meningkatkan kualitas kinerja dari para guru dan membangun infrastruktur. Proses penelitian ini dimulai dari analisa kebutuhan, pengumpulan data, perancangan dan pembuatan sistem, pengujian sistem, dan pembuatan hasil penelitian. Setelah proses merancang dan membangun sistem berbasis layanan Software as a services (SaaS) ini, kemudian diterapkan dan menghasilkan kesimpulan bahwa sistem yang dibanun dapat mempermudah pihak manajamen sekolah Taman Kanak-Kanak dalam proses mengolah data akademik seperti pengolahan data siswa, data absensi, serta penilaian siswa. Hasil dari penelitian ini menghasilkan suatu sistem berbasis Cloud Computing yang dapat membantu dalam menjalankan proses akademik dengan baik.

References

[1] R. Yuniawati, “Peningkatan Kemampuan Menulis Permulaan Melalui Metode Demonstrasi Pada Anak Kelompok A Di TK Aba Karangmalang Masaran Sragen Tahun 2012,” 2012.
[2] P. Republik Indonesia, “Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Pasal 1 Ayat 14.” Presiden Republik Indonesia, 2003.
[3] Anonim, Permainan Membaca dan Menulis di Taman Kanak-kanak. Jakarta: Depdiknas, 2000.
[4] Katzan, “On the Privacy of Cloud Computing,” Int. J. Manag. Inf. Syst., vol. 14, pp. 1–12, 2010.
[5] A. Irfan and P. Insap Santosa, “Adopsi Cloud Computing Pada UKM Di Indonesia,” 2015. .
[6] B. K. Gupta and K. T. Meetei, “Multi-Tenant SaaS Application Platform: A Survey.”
[7] R. G. Pratama and F. Susanti, “Application Development Of Assignment & Management Score Practicum Based On SAAS,” 2014. .
[8] A. Schawenengel and U. Hohenstein, “Challenges with Tenant-Specific Cost Determination in Multi-Tenant Applications,” Fourt Int. Conf. Cloud Comput. GRIDs Virtualization, 2013.
[9] M. D. Samrajesh and N. P. Gopalan, “Secure multi-tenant application in software as a service’,” in Proceedings of the International Conference on Emerging Research in Computing, Information, Communication and Applications, 2013, pp. 2–3.
[10] R. S. Pressman, Rekayasa Perangkat Lunak (Pendekatan Praktisi). Yogyakarta: Andi Publisher, 2012.
Published
2019-07-02
Section
Naratif : Jurnal Nasional Riset, Aplikasi dan Teknik Informatika