TEORI PERMAINAN MENGGUNAKAN ALGORITMA KUNANG-KUNANG

  • Diyah Wijayati Sekolah Tinggi Teknologi Bandung
Keywords: Teori Permainan, Minimum, Maksimum, Algoritma, Optimal

Abstract

Abstrak
Teori permainan merupakan suatu model matematika yang digunakan dalam situasi konflik atau persaingan antara berbagai kepentingan yang saling berhadapan sebagai pesaing. Model untuk menyelesaikan permainan strategi campuran adalah masalah pemrograman linier. Dalam penelitian sebelumnya untuk menyelesaikan masalah pemrograman linier digunakan kombinasi metode simpleks dan metode pivot dan metode aljabar matriks. Tujuan penelitian ini mencari solusi optimal dari masalah pemrograman linier menggunakan pendekatan numerik yaitu metode metaheuristik algoritma kunang-kunang pada Matlab. Dari simulasi numerik, solusi optimal yang diperoleh cenderung berbeda-beda hal ini disebabkan karena hampir seluruh proses dalam algoritma kunang-kunang menggunakan bilangan acak yang sangat berpengaruh.
Kata kunci :
Teori permainan, Minimum, Maksimum, Algoritma, Optimal
Abstract
Game theory is a mathematics model used in situations of conflict or competition between various interests facing each other as competitors. The model for solving mixed strategy game is a linear programming problem. In previous studies to solve linear programming problems used the combination between simplex method and pivot and matrix aljabar method. The aim of this research is to find optimal solution linear programming problems using metahuristic method firefly algorithm at Matlab. From numerical simulation, optimal solution is obtained tend to be different, this is because almost all the processes in the firefly algorithm use random numbers that are very influential.
Keywords :
Game theory, Minimum, Maximum, Algorithm, Optimal

Published
2019-12-29
Section
Naratif : Jurnal Nasional Riset, Aplikasi dan Teknik Informatika