KNOWLEDGE MANAGEMENT SYSTEM DALAM MENGELOLA INFORMASI PENELITIAN DAN PENGABDIAN MASYARAKAT PADA P3M STT BANDUNG
Abstract
Abstrak
Setiap Perguruan Tinggi harus bisa melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat. Sistem pendidikan yang baik dan komprehensif di Perguruan Tinggi tidak hanya sebatas dosen memberikan materi pelajaran ke mahasiswanya, namun diimbangi dengan peran mendidik yang sebagai tanggung jawab seorang tenaga pendidik. Selain sebagai wadah atau sistem pendidikan, Perguruan Tinggi memiliki kewajiban untuk melakukan penelitian dan pengembangan. Peran serta LPPM di Perguruan Tinggi sangat dibutuhkan. Oleh karena itu, LPPM harus bisa memberikan pelayanan yang baik dalam hal mengumpulkan, mengolah data, menyajikan informasi dan menyimpanan informasi. Serta sebagai wadah dalam memberikan layanan dalam bidang penelitian dan pengabdian masyarakat sebagai salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi. Tidak adanya wadah untuk mendokumentasikan dan mendistribusikan jejak pengetahuan yang relevan untuk pengembangan kepada setiap civitas akademika. Banyak dosen ataupun peneliti sulit mengakses atau mendapatkan informasi mengenai penelitian dan pengabdian masyarakat. Tantangan-tantangan inilah yang mendorong munculnya kebutuhan terhadap implementasi Knowledge Management. Namun pada kenyataannya aset knowledge management tidak digunakan secara maksimal dikarenakan tidak memiliki sistem untuk mengelola knowledge tersebut. Implementasi yang dibangun adalah Knowledge Management System(KMS). Tujuan KMS ini adalah untuk meningkatkan dan memperbaiki proses penyampaian pemberian informasi terkait jejak pengetahuan kepada dosen dan peneliti, sehingga meningkatkan pelayanan Pusat Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (P3M) dengan merancang model KMS kerangka Amrit Tiwana yang memuat fitur-fitur sesuai dengan kebutuhan Pusat Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (P3M) Perguruan Tinggi.
Kata Kunci:Knowledge management system; Penelitian; Pengabdian Masyarakat,
Abstract
Every Higher Education institution must be able to carry out Tri Dharma of Higher Education namely Education, Research and Community Service. A good education system and discussed in Higher Education is not only limited to lecturers who provide subject matter to lecturers, but is balanced with the role of educating those responsible for teaching staff. Aside from being a forum or educational system, Higher Education has a need to conduct research and development. LPPM's participation in tertiary institutions is highly needed. Therefore, LPPM must be able to provide good services in terms of collecting, processing data, providing information and storing information. As well as a forum for providing services in the field of research and community service as one of the Tri Dharma Higher Education. There is no place for registration and distribution of relevant tracks for the development of every academic community. Many lecturers or researchers find it difficult to access or obtain information about research and community service. The challenges that drive the need for the implementation of Knowledge Management. But when knowledge management assets are not used maximally because they do not have a system to manage that knowledge. The implementation that was built was Knowledge Management System (KMS). The purpose of this KMS is to improve and improve the process of delivering information related to knowledge footprints for lecturers and researchers, improve the service of the Research and Community Service Center (P3M) using the KMS model. Community Service (P3M) Higher Education.
Key Words: Knowledge management system, Research, Community Service