PENERAPAN SISTEM INFORMASI TERHADAP PENJUALAN PRODUK JAM TANGAN DENGAN MENGGUNAKAN SISTEM E-COMMERCE

  • Rachel Salsadila UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Ahsani Takwim Sekolah Tinggi Teknologi Bandung
  • Riskan Riskan UIN Sunan Gunung Djati Bandung
Keywords: E-commerce, Jam Tangan, Produk, Transaksi

Abstract

E-commerce sebagai bentuk dari aktifitas transaksi perdagangan dengan menggunakan sarana internet. Melalui e-commerce penjual dapat mempromosikan berbagai macam jenis produk jam tangan secara on-line sehingga memberikan kemudahan dalam berbelanja, bertransaksi, dan pengiriman secara efektif serta efisien. Pelaksanaan informasi penjualan berbasis web, menjadi pilihan perusahaan untuk memberikan keunggulan dalam proses mengetahui secara otomatis jumlah stok produk jam yang tersedia, proses transaksi secara langsung, serta pembuatan laporan harian. Sistem dapat memudahkan baik untuk penjual maupun untuk pembeli atau konsumen, memudahkan bagi penjual disini adalah penjual dapat memasarkan produk yang akan ditawarkan tidak hanya dari dalam rak-rak yang ada ditoko saja tapi juga bisa menawarkan produk tersebut ke sistem penjualan yang berbasis web dan penyimpanan data penjualan akan aman dari kerusakan maupun kehilangan karena data penjualan tersebut disimpan menggunakan database apabila diperlukan maka akan mudah dicari kembali, memudahkan bagi pembeli atau konsumen disini adalah konsumen dapat mengakses produk-produk beserta rinciannya yang ditawarkan oleh penjual tanpa harus datang langsung ke Toko. Hal tersebut mutlak diperlukan agar perkembangan perusahaan dapat terpantau secara terperinci, sehingga waktu operasional transaksi dan pembuatan laporan lebih efektif, karena secara otomatis laporan akan terlihat ketika semua transaksi sudah tersimpan langsung kedalam sistem. Dengan adanya website e-commerce penjualan jam tangan pada suatu toko maka akan memudahkan toko tersebut untuk mengembangkan bisnisnya, melakukan pertukaran informasi dan menjaga hubungan komunikasi dengan konsumen. Website e-commerce yang dibuat ini dapat menjadi media promosi, membantu meningkatkan penjualan dan menekan biaya operasional bagi perusahaan serta mempermudah konsumen dalam melakukan proses pemesanan dan pembayaran suatu produk karena dilakukan secara online serta mempermudah mencatat data-data produk dan transaksi lebih efisien.

Published
2022-06-29
Section
Naratif : Jurnal Ilmiah Nasional Riset, Aplikasi dan Teknik Informatika